Melirik Kembali Perjalanan di Tahun 2013

Selasa, 07 Januari 2014

Sekilas hendak ingin ku ceritakan lagi jejak langkah tahun kemarin yang membuat ku serasa tertegun dengan keberadaan ku saat ini, dan tak pernah terbayangkan sebelumnya langkah ku akan sampai disini juga.

Akhir tahun 2012.
Desember jadi bulan yang sangat luar biasa bagi perjalanan hidup ku, suka duka selama kehidupan dirantuan (Jogja) semua terbayar pada bulan ini rasanya. Tepat 1 Desember 2012 yang lalu menjadi moment prosesi wisuda ku untuk mendapatkan dua gelar (A.Md.T dan S.Pd) yang sangat membanggakan bagi ku. Tak henti disitu juga rejeki datang bergelimpangan rasanya, karena sehari sebelum pelaksanaan saya berhasil menginjakan kaki ke jakarta yang tepatnya di puncak bogor, untuk pembekalan para peserta Talent Scouting (Pendampingan SMK).

Telent Scouting 2013
Talent Scouting adalah sebuah program kegiatan yang diwacanakan sebuah lembaga besar ketenaga kerjaan nasional yang bekerja sama dengan Mendikbud RI dalam rangka pemenuhan guru produktif SMK di wilayah Indonesia yang sangat membutuhkan guru produktif kejuruan tersebut.
Singkat cerita saya ditempatkan di SMKN 3 Kuala Kapuas yang terletak di Kabupaten Kapuas yang banyak dikenal juga dengan Kota Air dan memiliki nama baru Kota Kuala Kapuas. Kota Kuala Kapuas merupakan salah kota yang berkembang yang berada di Propinsi Kalimantan Tengah. Bersyukur karena bisa ditempatkan disana, karena akhirnya pulau terbesar di Indonesia tidak hanya ku pandang di Peta saja. 
Pada program TS ini saya menandatangani kontrak sampai 31 Mei 2013, dan terhitung mulai 15 Desember 2013. Tapi banyak hal yang perlu diurus pada pihak kampus yang bekerja sama dengan pengelola pusat program ini akhirnya saya menuju Kapuas lewat jogja-banjarmasin pada 1 februari 2013. Setelah program ini selesai masa kontrak saya kembali ke jogja untuk melaporkan kondisi dan pengalaman selama disana dan peyelesain beberapa hal administrasi lainnya. Setelah semua urusan selesai, rumah yang dirindukan jadi tujuan untuk kembali.

Ramadhan 2013
Banyak hal yang terjadi pada bulan penuh berkah ini, semua berjalan begitu saja rasanya dan yang ada ku hanya tertegun dengan apa yang telah terjadi. Seminggu sebelum bulan puasa masuk ku disibukan berbagai kegiatan melepas rindu di kampung halaman dan sambil iseng-iseng mendaftar pada beberapa program kegiatan yang telah disarankan oleh dosen-dosen ku yang sangat baik di UNY. Persiapan mau masuk awal ramadhan pun dapat berkah dinyatakan lulus tahap 1 untuk seleksi PPCPAK (Program Pendidikan Calon Pendidik Akademi Komunitas) yang di adakan pihak Dikti. dan Informasi yang menyusul kemudian pun lulus pada Program PPGT juga dimana kedua program ini merupakan program yang sama yang di adakan oleh Dikti dan memiliki arahan dan proses yang sama, hanya yang membedakan output PPGT khusus guru produktif SMK dan PPCPAK untuk dosen kampus Akademi Komunitas.
Untuk mengikuti seleksi tahap 2 saya harus menuju Makasar dan perjalanan pun dimulai ... hahha ... yups, ini adalah hal pertama yang sangat membanggakan karena saya bisa menuju pulau sulawesi setalah berhasil menginjakan kaki di sumatra. 10 hari berada disana dan tak ada yang sia-sia, saya lulus sampai tahap 3, setelah mengikuti tahap ke-3 untuk wawancara saya langsung menuju Bali untuk mengikuti seleksi PPGT di Politeknik Negeri Udayana yang berada di Singaraja.
Bali pulau yang indah, tapi saya tak bisa menikmati banyak karena disana kondisi saya sangat down, 6 hari di bali pun akhirnya balik ke bima untuk menikmati hari raya Idul Fitri di rumah yang selalu di idamkan. tepat 5 hari sebelum hari raya.

Program Pendidikan Calon Pendidikan Akademi Komunitas (PPCPAK)
Arah jalan ini pun saya tekuni sampai sekarang, dan saya meyakinkan bahwa inilah arah jalan saya yang sedang diarahkan oleh sang pencipta. tepat pesawat dari Bali landing dibandara Sultan Salahudin Bima, saya dikabarkan bahwa telah dinyatakan lulus sampai tahap akhir dan akan mengikuti program pendidikan di Politeknik Negeri Medan Sumatra Utara. Dan lagi-lagi ku tersentak kagum bahwa pulau besar berikutnya yang berada di Indonesia bakal ku jejaki lagi. Yah begitulah adanya hingga saat ku uraikan tulisan ini ku berada di Medan Sumatra Utara.

2014
Tahun ini menjadi tahun yang harus ku jalani di Medan, masih terbesit dalam hati ku ingin berada dibima untuk menjalani  kehidupan ku ini, tapi melihat semua yang terjadi ini, terlisan dalam target ku bahwa tahun ini ku harus cetak sejarah untuk menginjakan kaki di luar negeri. Tak ada mimpi yang tak mungkin jika kita tak berusaha mewujudkannya. Yups mari kita jalani hidup ini dengan indah, dan buat semuanya jadi indah.

Thanks for you bee, semua itu terjadi karena dukungan besar dari mu.

3 Tanggapan:

Nila Wulandari mengatakan...

so sweet :3

ikhsan mengatakan...

ikhsan.
umur 19 tahun
sumatra barat.

salam kenal,saya cuman memberitahukan tentang adanya acara pacu itiak sumatra barat terima kasih.

kikils mengatakan...

Perjalanan yang sangat menarik sekali

Posting Komentar

Sebelum Menulis komentar anda, HARAP MENULISKAN !
NAMA :
UMUR :
ALAMAT SEKARANG :
Email / Friendster / Facebook :

Abdul Haris Heryani, S.Pd. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip

Entri Populer

Categories